Tugas 3 PBO D3MI-38-02


Buatlah sebuah class yang dapat membentuk objek matriks segitiga bawah. Matriks segitiga bawah merupakan matriks bujur sangkar (n x n), yang semua elemen di atas diagonal elemennya bernilai 0. Contoh dari matriks segitiga bawah:

segitiga bawah

Pada class yang dibentuk, matrik memiliki sifat sebagai berikut:

  1. Dapat ditambahkan dengan matrik segitiga bawah lainnya.
  2. Dapat ditambahkan dengan matriks identitas.
  3. Dapat dibuat matriks transpose-nya.
  4. Terdapat konstruktor untuk menge-set ukuran matrik.

Kodekan class tersebut dengan menggunakan class diagram berikut:

MatrikSegitigaBawah

Keterangan:

  1. Attribute ukuran merupakan ukuran dari sebuah matrik (matrik segitiga bawah merupakan matrik nxn).
  2. Attribute nilaiMatrik menyimpan nilai matrik dalam bentuk array 2 dimensi.
  3. Method inisialisasiMatrik merupakan method untuk meng-generate nilai elemen matrik secara random.
  4. Method tampilMatrik merupakan method untuk menampilkan nilai matrik.
  5. Method tambahMatrik merupakan method untuk menambahkan objek matrik segitiga bawah dengan objek lainnya (objek lainnya terdapat pada parameter masukan).
  6. Method tambahIdentitas merupakan method untuk menambahkan objek matrik dengan matrik identitas, lalu menampilkannya. Matrik identitas merupakan matrik yang elemen diagonalnya bernilai 1.
  7. Method tampilTransposeMatrik merupakan method untuk menampilkan nilai transpose dari objek matrik.
  8. Terdapat satu konstruktor untuk melakukan set nilai ukuran matrik.

Pada kelas Main, lakukanlah hal berikut:

  1. Bentuk 1 objek matrik segitiga bawah dengan konstruktor class, dan memanggil method inisialisasiMatrik.
  2. Tampilkan matrik tersebut.
  3. Tampilkan transpose dari matriks tersebut.
  4. Tambahkan dengan matrik identitas.
  5. Bentuk 1 objek lain dari matrik segitiga bawah dengan konstruktor class, dan memanggil method inisialisasiMatrik.
  6. Tambahkan objek matrik pertama dan objek matrik kedua.
  7. Tampilkan nilai penambahan kedua objek matrik tersebut.

File pdf: Tugas 3 PBO D3MI

Pengerjaan & Pengumpulan: Jawaban berupa kode program. Dikerjakan secara individu pada HVS (A4) bergaris atau polos, tulis tangan. Berikan nomor halaman pada setiap kertas. Berikan cover depan (tidak dicetak) berupa nama, nim, kelas, dan judul (Tugas 2 PBO Tugas 3 PBO). Dikumpulkan pada hari Jumat, 11 September 2015. Hal-hal yang tidak tercantum tapi ternyata dibutuhkan, dapat dituliskan pada lembar jawaban berupa asumsi.